Daerah Tujuan Wisata

Wisata Budaya

Zona Riam Adventure

  1. Hudoq merupakan pagelaran terbesar di Kalimantan Timur dilaksanakan selama tiga hari dengan melibatkan 150 – 200 penari Hudoq dalam wilayah Kecamatan Long Pahangai. Tari Hudoq terdiri atas Hudoq (topeng kayu) ditambah dengan aksesoris sebagai kelengakapan dan seluruh tubuh si penari di bungkus dengan daun pisang (tutul Hudoq). Hudoq dilakukan setelah menugal (menanam padi) dengan tujuan untuk mengusir roh jahat yang dikawatirkan akan mengganggu tanaman padi seperti datangnya hama padi serta berbagai gangguan lainya baik oleh binatang maupun alam. Tari Hudoq biasanya dilaksanakan dalam bentuk upacara adat (ritual) melalui beberapa tahapan yang bersifat sakral dengan puncak upacara adat adalah Ngawit pada hari terakhir. Disamping sebagai upacara adat, sekarang dapat juga dilaksanakan sebagai atraksi yang di pagelarkan pada acara tertentu.
  2. Nemlaai merupakan ungkapan dari berbagai macam keberhasilan, kemenangan dan kesatriaan. Nemlaai berasal dari bahasa anak suku dayak Long Glaad mempercayai bahwa ada dan kekuatan yang tinggi,berasal dari Tuhan (Tapennyui) maupun dari roh – roh lain yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia, khususnya kaum pria. Manusia harus mengadakan hubungan arif balik dengan kekuatan tersebut melalui tata cara adat,diantaranya adalah upacara arif Nemlaai. Dengan melaksanakan upacara arif Nemlaai, maka mereka akan terhindar dari malapetaka dan memperkuat daya tahan tubuh sehingga dapat menguasai segala tantangan agar menjadi seorang pria perkasa, gagah berani dan tidak kenal menyerah dalam segala hal baik dalam menjalankan kehidupan sehari – hari maupun dalam menaklukan musuh. Beberapa jenis Nemlaai berdasarkan tujuannya antara lain : Nemlaai Ma’aaic anak pria, Nemlaai Penbih, Nemlaai Sekali, Nemlaai Ne Kenaiz, Nemlaai Lemlai’ Arif dan Nemlaai Empeak Eak.
  3. Kunjungan ke Long Pahangai, akan melintasi Riam Udang dan Riam Panjang antara Kecamatan Long Bagun dan Long Pahangai. Riam arus deras ini sangat menantang keberanian sang jago Rafting Dunia.
  4. Alaq Ta’u merupakan upacara adat yang sudah menjadi tradisi secara turun temurun sebagai tahunan oleh warga dan masyarakat adat suku Kenyah khususnya bagi suku Kenyah Umaaq Timai di Kampung Batu Majang Kecamatan Long Bagun upacara adat ini dilakukan pada saat menjelang tanam padi atau saat merencanakan dan menentukan hari yang tepat menurut hitungan nenek moyang dan para leluhur untuk memilai upacara menanam padi (menugal). Adapun cara memilih dan menentukan hari pertanda dimulainya kegiatan menanam padi di Kampung bagi masyarakat peladangan suku Kenyah karena setelah pelaksanaan upacara adat Umaaq Timai yang umumnya berladangan diperbolehkan melangsungkan kegiatan menuggal / menanam padi.
  5. Maleng Ta’u merupakan upacara adat yang sudah menjadi tradisi secara turun temurun dan harus dilakukan secara adat setiap tahunnya oleh warga dan masyarakat adat suku Kenyah khususnya bagi suku Kenya di Kampung Datah Bilang Ilir Kecapada Kecamatan Long Hubung. Upacara adat ini dilakukan pada saat menjelang tanam padi atau saat merencanakan dan menentukan pembukaan lahan atau ladang. Upacara adat Maleng Ta’u dalam pelaksanaannya hanya dapat dilakukan pimpinan oleh seorang Imam Adat yang telah mendapat pengakuan dan dikukuhkan oleh tokoh adat melalui upacara adat pentahbisan dengan gelar NGAMEN BAI’ melalui seorang Imam adat Mengamen Bai’ inilah segala niat, rencana, maksud dan keinginan ataupun permohonan disampaikan kepada para Dewa seperti Bungan Malan Peselung Buan (sang pencipta), melalui Kamen Bai’ untuk pembukaan lahan / ladang.
  6. Mangosang adalah serangkaian berbagai acara ritual dan arif bagi masyarakat suku Aohoeng. Merupakan wujud kegembiraan, rasa syukur atas limpahan rejeki, keselamatan dan kemenangan. Ditunjukan untuk membersihkan arif dari segala macam hal – hal yang kurang baik dan tidak menguntungkan masyarakat. Upacara arif ini ditandai dengan penyalaan api baru sebagai sumber segala kehidupan manusia dengan penyalaan api baru maka keluarga dan masyarakat diharapkan arif dapat semangat baru untuk memulai kehidupan baru yang lebih baik lagi di masa mendatang. Upacara arif ini juga dimaksudkan untuk mendapatkan pengesahan atau pengakuan, penobatan serta pengukuhan status dalam masyarakat yang dalam pelaksanaannya dilakukan dalam bentuk berbagai upacara arif.
  7. Upacara Adat Mamat Kampung Datah Bilang Ulu Kecamatan Long Hubung. Upcara Mamat adalah budaya leluhur suku Kenyah yang sudah mengakar kuat dalam kehidupan masyarakat yaitu sebagai ungkapan rasa syukur dan suka cita setelah panen. Upacara Adat Mamat merupakan upacara yang diagungkan oleh masyarakat suku Kenyah baik Umaaq Bakung maupun Lepoq Tau. Upacara Adat Mamat merupakan ungkapan rasa syukur dan kegembiraan setelah para pahlawan berhasil dalam peperangan (Ngayau). Saksikan peristiwanya pada pertengahan Oktober 2009.

Obyek Wisata

Zona Anggrek Hitam

  1. Anggrek Hitam terletak di Kampung Sekolaq Darat Kecamatan Sekolaq Darat, mempunyai keunikan tersendiri dengan bentuk dan corak anggrek hitam yang sangat khas, menuju lokasi ini dapat menggunakan mobil dan bus menempuh jarak 15 Km dari pusat kota Sendawar.
  2. Jantur Gemuruh terletak di Kampung Sekolaq Darat Kecamatan Sekolaq Darat 11 Km dari pusat kota lokasinya dapat dijangkau dengan mobil, sepeda motor dan bus, sebelum atau sesudah kunjungan dari Kersik Luway.
  3. Air Terjun Inar terletak di Kampung Temula Kecamatan Nyuatan. Untuk menuju lokasi ini menggunakan sepeda motor atau mobil menempuh jarak 30 Km dari pusat kota Sendawar.
  4. Air Terjun Menarung terletak di Kampung Ombau Asa 5 Km dari pusat kota dapat menggunakan sepeda motor, mobil dan bus.
  5. Air Terjun Mapan terletak di pinggir jalan raya Linggang Mapan Kecamatan Linggang Bigung 12 Km dari pusat kota Sendawar.
  6. Air Terjun Tabalas terletak di Kampung Malapeh Kecamatan Linggang Bigung 17 Km dari pusat kota Sendawar dapat menggunakan mobil dan bus. Air terjun ini digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air.
  7. Danau Bahadaq terletak di Kampung Tering Lama Kecamatan Tering 20 Km dari pusat kota Sendawar dapat dijangkau dengan sepeda motor.
  8. Goa Maria terletak di Kampung Linggang Mapan Kecamatan Linggang Bigung 11 Km dari pusat kota. Dapat dijangkau dengan sepeda motor, mobil dan bus.
  9. Luu Geleo Baru terletak di Kampung Geleo Baru 8 Km dari pusat kota Sendawar.
  10. Gua Batu Geronggong di Kampung Engkuni Pasek Kecamatan Barong Tongkok. Dalam kawasan gua ini terdapat air terjun yang masuk ke gua dan air terjun dialirkan ke rumah – rumah masyarakat Kampung Engkuni. Menuju lokasi ini bisa menggunakan sepeda motor atau mobil atau bus menempuh jarak 10 Km dari pusat kota Sendawar. Keunikan gua ini adalah dinding batu yang rapi, disekitarnya terdapat kumpulan kelelawar.
  11. Situs Sentawar adalah tempat yang keramat karena merupakan tempat peninggalan bersejarah Kerajaan Sentawar yang secara mitologi merupakan cikal bakal dari suku dayak. Sebuah legenda Kerajaan Sendawar dengan Raja Aji Tullur Jejangkat bersama Permaisuri Mok Manor Bulatn. Raja mempunyai 5 orang putra : Swalas Guna, Jelivan Benak, Naras Guna, Tantan Guna dan Puncan Karna. Pada Abat ke 17 Puncan Karna merantau dan menikah dengan adik kandung Sultan di Tangga Arung. Lokasi situs Sentawar terletak di Kampung Karang Rejo (Sendawar) Kecamatan Barong Tongkok dengan perjalanan dengan mobil menempuh waktu 20 menit dari pusat kota.
  12. Danau Beluq terletak di Kampung Dempar Kecamatan Nyuatan. Dapat ditempuh dengan menggunakan mobil atau bus dengan jarak tempuh 32 Km dari pusat kota Sendawar.
  13. Danau Aco terletak di Kampung Linggang Melapeh Kecamatan Linggang Bigung 20 Km dari pusat kota Sendawar, dapat dijangkau dengan sepeda motor dan mobil. Berjarak 5 Km dari Kampung Linggang Melapeh Kecamatan Linggang Bigung. Danau Aco luasnya 4 Ha. Dikelilingi oleh pepohonan dan buah – buahan di dalamnya terdapat berbagai jenis ikan air tawar seperti Haruan, Sepat Siam, Kreskap, Nila, Lele dan Keong Emas. Yang khas disekeliling Danau Aco terdapat banyak Sayur Jaung yang buahnya untuk dimakan sebagai bahan rujak dan bunganya untuk sayur asam atau sambal. Konon Danau Aco ada legendanya, ribuan tahun yang lalu di puncak Gunung Aco ini terdapat sebuah kampung yang terdiri dari beberapa Lamin Beluq dan Oso diadakan upacara adat Timeq (beliatn Ngugu Tautn). Bluq adalah seorang bapak berhobi berburu disamping pekerjaan sehari – hari berladang. Oso, seorang ibu pawang beliatn saking gembiranya Bluq berburu dapat seekor Lutung (Buus dalam bahasa Tonyoi) dia ambil ekornya yang panjang itu untuk pemukul tambur dan Oso menari beliatn dengan semangat sebagai ungkapan terima kasihnya kepada Bluq yang memberi pemukul tambur yang unik. Semua yang hadir tertawa terpingkal – pingkal melihat peristiwa itu, sehingga terjadilah angin ribut, hujan lebat dan petir guntur bertabu – tabu. Terjadilah kehancuran (Killit dalam bahasa Tonyoi), Oso hancur menjadi danau dan Bluq melarikan diri ke daerah lain, yang mana kemudian dia juga berubah menjadi sebuah batu di sebuah danau di daerah lain yaitu danau Beluq.
  14. Hutan Adat Jaras 15 Km dari Barong Tongkok, terletak di kecamatan Linggang Bigung.
  15. Lamin Eheng terletak dalam wilayah Kecamatan Barong Tongkok, menuju lokasi ini dapat menggunakan sepeda motor, mobil dan bus menempuh jarak 17 Km dari pusat kota Sendawar. Anda dapat melihat dan naik / masuk lamin, Anda menyaksikan masyarakat Eheng membuat anjat dari rotan, dan memesan tarian dan lagu daerah.
  16. Lamin Benung terletak dalam wilayah Kecamatan Damai dapat dijangkau menggunakan mobil dan bus. Di sekitar lamin terdapat keririkng yaitu tempat tulang belulang manusia.
  17. Lamin Tolatn terletak di Kampung Tolatn Kecamatan Muara Lawa. Lamin tua yang masih asli berlantai rotan bulat, berdinding kulit kayu dan masih didiami keluarga, menuju lokasi ini dapat menggunakan sepeda motor, mobil dan bus dengan menempuh jarak 30 Km.

Obyek Wisata

Zona Pesut Tour

  1. Danau Jempang berada di Tanjung Isuy Kecamatan Jempang dengan luas 15000 Ha merupakan wisata panorama alam.
  2. Lamin Mancong berada di Mancong Kecamatan Jempang merupakan Lamin Tertua di Jempang.
  3. Lamin Tumunggung Marta berada di Tanjung Isuy Kecamatan Jempang adalah peninggalan Kerajaan Raden Tumenggung Marta.
  4. Lamin Batuq Bura berada di Tanjung Isuy Kecamatan Jempang Bongan, merupakan Taman Budaya.
  5. Situs Kuburan Tua berada di Tanjung Soke Kecamatan Bongan.
  6. Habitat Pesut Air Tawar berada di Muara Pahu Kecamatan Muara Pahu, Pesut sering kali muncul di daerah ini.
  7. Danau Jempang berada di Tanjung Isuy Kecamatan Jempang dengan luas 15000 Ha merupakan wisata panorama alam.
  8. Lamin Kampung Pentat berada di Pentat Kecamatan Jempang merupakan Tempat Upacara Adat.
  9. Lamin Lempunah berada di Lempunah Kecamatan Jempang adalah Tempat Upacara Adat.
  10. Lamin Muara Nayan berada di Muara Nayan Kecamatan Jempang adalah Tempat Acara Adat.
  11. Lamin Muara Tae berada di Muara Tae Kecamatan Jempang adalah Tempat Acara Adat.
  12. Gua Munau berada Perigiq Kecamatan Jempang.
  13. Lamin Adat Resak berada di Resak Kecamatan Bongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *