Sadiq Khan Dilantik Menjadi Walikota London Baru

Sadiq Khan Dilantik Menjadi Walikota London Baru

Sadiq Khan Sworn Ceremony
Suasana Pelantikan Sadiq Khan
Sadiq Khan Walikota yang baru saja memenangkan pemilihan umum kota London akhirnya resmi dilantik dalam sebuah upacaya yang dilaksanakan di sebuah Gereja : Southwark Cathedral pada tanggal 7 Mei 2016.

 

Mr Khan said: “I’m determined to lead the most transparent, engaged and accessible administration… and to represent every single community, and every single part of our city, as mayor for all Londoners.”

Dalam Pelantikan ini, Mantan pemimpin Partai Buruh Ed Miliband dan Baroness Doreen Lawrence juga turut hadir.
Mr Khan menerima Standing Ovation ketika berjalan menuju podium (dalam kebudayaan Eropa, standing ovation yang adalah bertepuk tangan sambil berdiri merupakan bentuk penghargaan terbaik seseorang terhadap orang lainnya ketika mereka berhasil melakukan tugas dengan baik).
Pendeta Southwark, Andrew Nunn mengatakan kepada jemaat yang menghadiri pelantikan tersebut, kemenangan walikota baru membawa “Suasana Keceriaan” ke dalam bangunan suci tersebut.

Mr Khan juga mengatakan bahwa dia akan mengundurkan dirinya sebagai Anggota Parlemen dari Partai Buruh untuk Daerah pemilihan Tooting. Mr Khan mengatakan dia akan mundur sebagai MP Buruh untuk Tooting. Sebelumnya, MP Buruh untuk Tottenham, David Lammy, berkata walikota Muslim pertama dari setiap ibu kota di Uni Eropa ini dapat membuka jalan bagi “perdana menteri berwarna”.

Shadiq Khan Sworn Ceremony
Mr Shadiq Khan

Mengantongi 1,310,143 suara, Mr Khan menerima mandat terbesar bagi politisi manapun dalam sejarah Inggris. Anak  dari seorang supir Bus yang besar di Ibukota Negara Inggris ini menjadi Orang ketiga yang menjadi Walikota setelah Ken Livingstone Boris Johnson.

Dalam Kesempatan tersebut Mr Khan mengatakan bahwa dia “benar benar terharu”.

Shadiq Khan Sworn Ceremony
Sadiq Khan datang bersama Pemimpin tertinggi di Kathederal Southwark Andrew Nunn
Menjabat sebagai Walikota London ia langsung menyapa dengan mengatakan : “Nama saya Sidiq Khan, Saya walikota London” Ia uga melanutkan kata katanya yang menyulut tawa diseluruh gedung ” He evoked laughter by saying: “Beberapa dari Anda mungkin tidak tahu ini, tapi saya dibesarkan di  Estate Dewan, hanya beberapa mil dari sini. Melihat kebelakang, saya juga tak pernah bermimpi untuk berdiri disini sebagai Walikota London. Dan dengan dengan ambisi yang terbakar untuk kota kita, yang akan mengarahkan kepemimpinan saya sebagai walikota untuk memastikan kepada seluruh warga London untuk mendapatkan kesempatan yang juga telah diberikan kepada saya”. 
Shadiq Khan Sworn Ceremony
Mr Khan saat berpidato

“Saya bertekad untuk memimpin pemerintahan yang paling transparan, aktif dan dapat diakses dari semua pemimpin yang pernah London lihat, dan untuk mewakili setiap komunitas, dan setiap bagian dari kota kita, sebagai walikota untuk semua warga London.”

Juru Kampanye Baroness Lawrence, seorang ibu berkulit hitam yang anaknya Stephen dibunuh mengatakan : “Saya tidak pernah membayangkan dalam hidup saya bahwa saya bisa menyaksikan dan merasakan dipimpin oleh seorang walikota dari etnis kaum minoritas” Sebelumnya, menjelaskan mengenai HAM, Seorang pengacara, Mr Lammy mengatakan: “Jika kita berhasil mendapatkan seorang Perdana menteri berwarna, itu pasti karena apa yang telah Sadiq Khan peroleh.”

Shadiq Khan Sworn Ceremony
Karen Buck MP with former Labour leader Ed Miliband, Metropolitan Police Commissioner Sir Bernard Hogan-Howe and London Fire Brigade Commissioner Ron Dobson

Mr Lammy, yang menjadi lawan dalam konvensi partai buruh untuk menjadi calon walikota yang diusung partainya mengatakan kepada BBC Radio 4 Today programme Mr Khan itu “adalah seorang pekerja keras, dia adalah seorang yang selalu bersama orang orang, dia orang yang cukup pragmatis jika dia perlu dan dia jelas memiliki visi untuk kota ini”.

Shadiq Khan Sworn Ceremony
Sadiq Khan is greeted by actor Sir Ian McKellen
Berkenaan dengan Kemenangan Khan padam Jumat malam, Jeremy Corbyn mentweet di twitternya dengan hashtag #YesWeKhan, dengan menulis: “Can’t wait to work with you to create a London that is fair for all”.

Walikota sebelumnya yang telah habis masa jabatan Boris Johnson katanya: “Selamat luar biasa kepada Sadiq yang telah memenangkan mandat besar untuk melakukan pekerjaan terbaik dalam dunia politik Inggris. Saya berdoa agar ia memperoleh segala sukses yang mungkin ia peroleh.”

Pujian juga datang dari NewYork, Walikota Bill de Blasio dan sekretarisnya di Bidang Bisnis Sajid Javid, yang mentwit: “From one son of a Pakistani bus driver to another, congratulations”.

Bahkan seorang Ahok juga mengucapkan selamat melalui akun twitternya @basuki_btp : Congratulations @, the new mayor of London. Inspiring story of democracy, merit and tolerance.

Sumber Berita : BBC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *